Minyak Esensial, Jenis dan Manfaatnya untuk Perawatan Rambut

Minya esensial atau minyak aromaterapi, selain berguna untuk perawatan kulit juga sangat bermanfaat untuk menjaga keindahan rambut. Minyak alami yang diekstrak dari bunga, daun, batang, buah dan akar tanaman ini telah lama dimanfaatkan dalam dunia kecantikan, baik untuk perawatan kulit maupun rambut.

Ada beberapa macam minyak esensial yang kita kenal selama ini, seperti minyak almond, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak lavender. Semua memiliki karakteristis dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut beberapa keunggulan minyak aromaterapi untuk perawatan rambut seperti yang diungkapkan Bharti Taneja, seorang kosmetologis India.

Minyak almond
Bagi Anda yang memiliki rambut rontok dan patah, minyak almond merupakan salah satu pilihan tepat untuk mengatasinya. Kandungan asam lemak omega-3, fosfolipid, dan magnesium yang dimiliki minyak almond dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau dan menyehatkan kulit kepala.

Minyak zaitun
Masalah rambut bercabang dan kusut dapat diatasi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menjaga kelembaban rambut. Campurkan empat sendok makan minyak zaitun dan kuning telur serta madu, kemudian terapkan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Pastikan untuk tidak memanaskan minyak zaitun sehingga sifat dan kandungan alaminya tidak hilang.

Minyak wijen
Minyak wijen sangat cocok digunakan untuk perawatan rambut beruban. Kandungan yang dimiliki oleh minyak wijen dapat digunakan untuk menyuburkan dan menjaga warna rambut agar lebih gelap atau hitam.

Minyak lavender
Sedangkan untuk masalah rambut kering dan kulit kepala gatal dapat diatasi dengan menggunakan minyak lavender. Sifat anti-bakteri minyak lavender sangat baik untuk perawatan rambut. Selain itu, minyak lavender juga dapat menjaga kelembaban kulit kepala.

Demikian beberapa macam minyak asensial dan manfaatnya untuk perawatan rambut, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: