Sikat Gigi Berdarah? Waspadai Mungkin Kamu Terkena Penyakit Ini

Ada banyak orang yang masih beranggapan bahwa jika gusi berdarah itu hanya disebabkan oleh radang gusi. Tetapi faktanya, gusi berdarah bisa saja menjadi tanda-tanda kamu terserang penyakit berbahaya.

Berikut adalah beberapa penyakit yang mungkin kamu alami jika sering mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi, yang disarikan dari berbagai sumber.

Idiopatik Thrombocytopenic Purpura (ITP)
Ini adalah penyakit gangguan autoimun yang mempengaruhi jumlah trombosit dalam membantu pembekuan darah. Oleh karena itu, penderita penyakit ITP mudah sekali memar, pendarahan berlebih pada gusi, hidung, saluran kemih dan usus.

Para pasien ITP harus menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat, yang dapat menyebabkan perdarahan, membatasi konsumsi alkohol, dan berhenti menggunakan obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen.


Leukemia
Leukemia adalah jenis kanker yang dapat menyebabkan sel darah putih menjadi ganas, yang dihasilkan secara berlebihan dalam sumsum tulang. Sekitar 25% penderita leukemia anak-anak diawali dengan gejala gingivitis atau radang gusi.

Sel-sel leukemia yang masuk ke gusi akan menyebabkan gingivitis dan berkurangnya kemampuan untuk melawan infeksi, sehingga gusi mudah berdarah. Pendarahan akan berlanjut sampai beberapa menit, karena darah tidak dapat membeku secara normal.

Hemofilia
Darah pada penderita hemofilia tidak dapat membeku sendiri atau berjalan sangat perlahan. Kondisi ini ditandai dengan perdarahan spontan dan nyeri sendi akut. Hemofilia lebih umum diderita oleh laki-laki. Hemofilia ringan biasanya akan menyebabkan pembekuan darah menjadi lama setelah operasi.

Kelainan Faktor Pembeku Darah VII
Penyakit ini dapat menyebabkan gumpalan darah tidak kuat, yang berakibat pendarahan sulit berhenti. Ini terjadi akibat adanya gangguan faktor VII sehingga produksinya berkurang. Faktor VII adalah protein yang diproduksi di hati, yang memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah.


Penyakit von Willebrand
Faktor von Willebrand (VWF) adalah protein yang membantu darah untuk membeku. Jika tingkat VWF dalam darah rendah, trombosit biasanya tidak berfungsi sehingga memperpanjang perdarahan. Penyakit ini ditandai dengan memar, hidung berdarah, gusi dan menstruasi yang berlebihan.

Demikian beberapa penyakit yang dapat timbul akibat gusi berdarah ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: