Suka Makan Telur? Inilah Saran Kesehatan Bagi Anda

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur karena memiliki kandungan dan nilai gizi yang tinggi. Namun disarankan agar mengkonsumsi telur dengan cara yang benar agar tidak mempengaruhi kesehatan.

Jansen Ongko, MSc, RD, seorang ahli nutrisi mengatakan bahwa setiap makanan bergizi pun jika pengolahannya tidak benar, dalam jangka panjang bisa memberikan pengaruh negatif. Hal ini berlaku juga untuk telur.


Terutama bagi mereka yang memiliki diabetes, kolesterol tinggi atau penyakit jantung, disarankan Jansen tidak mengkonsumsi telur lebih dari satu butir per hari. Sedangkan bagi orang yang sehat, mengkonsumsi 2-3 butir per hari, masih diperbolehkan karena tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Salah satu alasan yang dapat menurunkan manfaat kesehatan dari telur adalah jika pengolahannya dengan cara digoreng. Jika proses penggorengan menggunakan minyak yang telah terhidrogenerasi, maka dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

"Sebenarnya lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi telur rebus. Jika Anda benar-benar ingin menggoreng, gunakan minyak goreng yang tahan panas, seperti minyak kelapa atau mentega," kata Jansen.


Hindari juga kebiasaan makan telur mentah karena berpotensi terkontaminasi bakteri Salmonella. Makan telur yang terkontaminasi dengan bakteri ini dapat menyebabkan efek samping seperti maag, diare, kram perut dan demam.

Demikian beberapa cara sehat dan benar dalam mengkonsumsi telur, semoga dapat bermanfaat dan memberikan informasi untuk kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: