Wanita Hamil Tidak Boleh Minum dari Botol Plastik. Ini Penjelasannya

Sebuah studi baru menyatakan bahwa wanita hamil yang minum dari botol plastik akan cenderung memiliki anak obesitas. Para peneliti menemukan bahwa bahan kimia Bisphenol A (BPA) yang terdapat pada kemasan plastik dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang terkait dengan peningkatan risiko obesitas pada janin.

Ketika anak-anak terkena BPA, mereka menjadi kurang sensitif terhadap hormon yang bertanggung jawab untuk mengendalikan nafsu makan. BPA adalah bahan kimia yang banyak ditemukan dalam wadah makanan, termasuk botol air plastik dan lapisan kaleng.

Bahan kimia ini dapat mengganggu sistem endokrin (kumpulan beberapa kelenjar yang memproduksi hormon) dengan meniru hormon estrogen, salah satu hormon yang ditemukan pada wanita.

Didasarkan pada studi yang dilakukan oleh Endocrine Society di Washington DC, yang meneliti anak tikus, para peneliti menemukan bahwa tikus yang lahir dari ibu terkena BPA kurang responsif terhadap hormon leptin, yang dikenal sebagai hormon kenyang.

Leptin membantu menahan nafsu makan untuk mengurangi rasa lapar ketika tubuh membutuhkan energi. Hormon ini mengirimkan sinyal ke daerah hipotalamus di otak untuk mengekang nafsu makan.

"Studi ini meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana BPA dapat mengganggu endokrin, seperti peningkatan risiko obesitas pada hewan," kata Dr. Alfonso Abizaid di Carleton University Ottawa, Kanada.

"Karena BPA juga dikaitkan dengan obesitas pada manusia, dan orang-orang harus menyadari bahwa faktor lingkungan dapat meningkatkan kerentanan terhadap obesitas, penyakit jantung dan gangguan metabolisme," lanjutnya.

Sebuah laporan penelitian menyatakan bahwa botol plastik banyak mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan hormon, kanker, diabetes, ADHD dan autisme. Namun, bahan kimia tersebut dapat ditemukan dalam ribuan produk yang kita pakai sehari-hari, mulai wadah makanan plastik, mainan dan kosmetik.

Penyakit yang paling sering disebabkan oleh bahan kimia pengganggu endokrin ini adalah penyakit syaraf, termasuk autisme dan berkurangnya kemampuan intelijensi.

Itulah kenapa ibu-ibu hamil disarankan tidak minum dari botol kemasan plastik, karena dapat memicu obesitas pada janin yang dikandungnya. Demikianlah, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita, amin yaa robbal ‘alamin.

Artikel terkait:

Bagikan: