Begini Cara Mudah Melatih Bangun Pagi Tanpa Alarm

Bangun pagi bagi sebagian orang sulit dilakukan jika tanpa bantuan alarm. Suara memekakkan telinga dari alarm mungkin dapat membantu seseorang untuk bangun. Namun, bukannya bangun dengan tubuh yang segar, tapi justru merasa pusing, lesu, dan berharap dapat tidur kembali. Sebaliknya, ketika bangun pagi secara alami, tubuh cenderung akan terasa lebih segar.

Sayangnya, tidak setiap orang bisa bangun pagi secara alami seperti ini bukan? Seperti dilansir laman Sleep.org, Kamis (09/03/2017), kita dapat melatih diri untuk bangun pagi tanpa bantuan alarm. Kuncinya adalah memahami bagaimana ritme sirkadian tubuh bekerja.

Ritme sirkadian tubuh-lah yang membuat kita merasa terjaga atau mengantuk. Ketika kita membiarkan ritme sirkadian tubuh untuk bangun secara alami, kita akan terjaga karena tubuh sudah berhenti tidur. Tetapi ketika kita terjaga karena alarm, sedangkan tubuh belum siap, pasti merasa tegang dan tidak nyaman karena alarm akan mengganggu tubuh ketika tidur nyenyak. Jadi, bagaimana cara mudah untuk melatih tubuh bangun pagi tanpa alarm?

Kita perlu membuat kebiasaan baru yang membuat ritme sirkadian tubuh konsisten. Ketika akan tidur malam di jam tertentu, sebelum tidur katakan kepada diri sendiri bahwa akan bangun pada jam tertentu.

Ya, kita dapat melatih tubuh untuk bangun pada waktu tertentu. Namun perlu diingat, hal ini tidak mungkin berhasil jika tubuh dalam kondisi sangat lelah. Kita tidak akan dapat melatih ritme sirkadian tubuh ketika tubuh tidak mendapatkan cukup tidur.

Jadi, langkah pertama adalah memastikan berapa panjang waktu tidur yang kita butuhkan. Setelah itu baru tetapkan jam tidur malam kita. Kita dapat mengubah secara perlahan kebiasaan tidur sampai larut malam dengan memajukan jam tidur. Misalnya sekitar pukul 23.00 WIB baru tidur, majukan waktu tidur sekitar 15 menit. Lalu 30 menit untuk minggu berikutnya. Perubahan secara perlahan ini akan memberi waktu bagi tubuh untuk terbiasa dengan jadwal baru yang kita buat.

Kita dapat lebih mudah membantu untuk tidur di malam hari dengan lampu redup, mematikan perangkat elektronik, dan membuat tubuh lebih rileks dengan membaca, meditasi, atau mandi air hangat. Kemudian, biarkan sinar matahari menembus ke ruang kamar ketika pagi. Hal ini akan membantu kita bangun secara alami.

Artikel terkait:

Bagikan: