Berat Badan Turun Naik Drastis? Waspadai Gejala Penyakit Ini

Ketika berat badan turun naik dalam sekejab, biasanya kita akan menghubungkannya dengan diet dan pola makan. Tapi apakah Anda tahu bahwa ada beberapa jenis penyakit yang dapat membuat berat badan turun naik tanpa bisa dikendalikan?

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat mengganggu stabilitas berat badan Anda, seperti dilansir laman boldsky.com, Sabtu (04/03/2017).

Arthritis
Arthritis adalah penyakit sendi yang biasanya diderita oleh orang tua. Tetapi, mereka yang masih muda juga bisa terserang penyakit arthritis ini. Selain menyebabkan peradangan dan kekakuan pada otot atau sendi, arthritis juga dapat menyebabkan fluktuasi hormon yang akan membuat seseorang kehilangan berat badan dengan cepat.


Lupus
Lupus merupakan penyakit autoimun, yang juga dapat menyebabkan penurunan berat badan. Penyakit lupus selain mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, juga dapat membuat nafsu makan menurun secara signifikan.

Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang menyebabkan peradangan pada sel-sel kulit. Penyakit ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena kurangnya tingkat metabolisme dalam tubuh.

PCOS
PCOS atau Polycystic ovarian syndrome merupakan gangguan hormonal yang mempengaruhi kesehatan ovarium. Akibatnya, siklus menstruasi yang tidak teratur, dan dapat menyebabkan berat badan bertambah secara drastis.

Hipertiroidisme
Hipertiroidisme merupakan penyakit hormonal yang terjadi akibat kurangnya produksi hormon tiroid. Akibatnya akan mengurangi nafsu makan dan membuat berat badan menurun.

Diabetes
Diabetes merupakan gangguan metabolisme yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah. Karena fluktuasi hormon insulin tersebut, diabetes dapat menyebabkan penurunan berat badan.


Addison
Penyakit Addison merupakan penyakit autoimun yang juga menyebabkan nafsu makan berkurang karena ketidakseimbangan hormon, sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Artikel terkait:

Bagikan: