Hati-hati, Cepat Haus Bisa Menjadi Gejala Awal Diabetes

Saat ini, jumlah orang yang menderita penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke cenderung meningkat.

Di masa lalu, banyak kematian yang disebabkan oleh penyakit infeksi, seperti tuberkulosis, pneumonia dan malaria. Namun menurut organisasi kesehatan dunia WHO, saat ini yang menyebabkan banyak kematian justru penyakit tidak menular. Angka untuk Indonesia sendiri sudah mencapai 71%.

Khusus diabetes, setiap tahun selalu ada peningkatan jumlah penderita di Indonesia secara signifikan. Jika tidak ditangani dengan baik, diperkirakan pada tahun 2030, akan ada 1 pasien diabetes dari tujuh penduduk Indonesia.

Yang lebih mengkhawatirkan, saat ini diabetes semakin banyak menyerang mereka yang berusia masih muda dan produktif. Menurut dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, deteksi dini diabetes sangat penting dengan memeriksa kadar gula darah secara teratur, seperti dilansir laman Vemale, Senin (13/03/2017).

Dia menambahkan bahwa "diabetes dapat menyerang siapa saja, sehingga tidak ada salahnya untuk melakukan deteksi dini. Bisa dimulai dari usia 20 tahunan dengan cara memeriksakan kesehatan secara rutin. Apalagi jika ada riwayat diabetes dalam keluarga," kata dr. Mulyani.

Bahkan katanya, meskipun obesitas dapat meningkatkan risiko diabetes, ini tidak berarti bahwa mereka yang memiliki berat badan ideal dapat terbebas dari diabetes begitu saja.

Karena selain faktor genetik dan kebiasaan mengabaikan pola hidup sehat, hobi menikmati makanan dan minuman ringan manis, malas bergerak, stres, kurang istirahat, dan jarang olahraga juga dapat menyebabkan penyakit gula ini.

Menurut dr. Mulyani, secara umum ada tiga gejala awal penyakit diabetes, yaitu merasa cepat haus, ingin makan terus-menerus, dan buang air kecil lebih sering.

"Biasanya orang yang merasa sering haus menganggap hal ini wajar, karena udara yang panas. Begitu pula dengan sering buang air kecil dianggap hanya karena terlalu banyak minum. Padahal, ini bisa jadi tanda ada sesuatu yang salah dengan tubuh kita. Jadi jangan diabaikan. Selain itu, tanda awal mereka yang terkena diabetes adalah mudah lelah," tambahnya.

Artikel terkait:

Bagikan: