Hati-hati! Kemajuan Teknologi Bisa Timbulkan 3 Masalah Kesehatan Ini

Teknologi yang semakin canggih membuat kita dapat mengetahui perkembangan dunia dengan lebih cepat, atau tetap dapat berhubungan dengan keluarga dan teman-teman meskipun jauh. Tapi apakah Anda tahu bahwa teknologi juga dapat mempengaruhi kehidupan dan kesehatan?

Seperti dilansir laman USNews, Rabu (2016/07/27), berikut 3 masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Menyebabkan kenaikan obesitas
"Menggunakan teknologi disaat makan, kegiatan tersebut bisa terganggu kesehatan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas, karena adanya peningkatan konsumsi makanan ketika sedang bermain teknologi," kata peneliti di University of Illinois, Barbara Fiese.

Selain itu, jurnal American Psychological Association menemukan bahwa, ketika seseorang makan sambil menonton TV, menelepon, atau bermain smartphone, tanda disadari bisa membuatnya cenderung mengkonsumsi makanan yang kurang sehat.

Menyebabkan sakit leher
"Melihat layar ponsel terus menerus bisa menyebabkan tekanan pada tulang belakang," tulis ahli bedah tulang belakang, Dr. Kenneth Hansraj dalam penelitiannya.

Berat rata-rata kepala orang dewasa adalah 10 sampai 12 pon, tapi dengan membungkuk sekitar 60 derajat saat melihat layar HP, dapat meningkatkan tekanan sekitar 60 pon. "Tekanan ini dapat menyebabkan pecahnya jaringan, degenerasi, dan kemungkinan operasi," tulisnya.

Mengurangi jam tidur berkualitas
Penggunaan teknologi dalam waktu yang lama, dapat meningkatkan kelelahan dan stres, sehingga mengurangi kualitas tidur. Sebaliknya, gunakan teknologi secara baik dan bijak, serta tidak berlebihan.

Artikel terkait:

Bagikan: