Hati-hati, Penyakit Degeneratif Bisa Menyerangmu Lebih Awal

Penyakit degeneratif bukanlah penyakit menular, tetapi kronis atau menahun. Penyakit degeneratif biasanya muncul akibat menurunnya fungsi organ tubuh karena proses penuaan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Ari Fahrial Syam, mengatakan bahwa saat ini penyakit degeneratif dapat muncul lebih awal atau menyerang orang-orang yang masih muda.

"Dahulu, penyakit ini hanya menyerang orang setelah berusia 40 tahun, tapi sekarang banyak yang masih berusia muda juga terserang penyakit degeneratif ini," kata Ari, seperti dilansir Tempo, Rabu, 1 Maret, 2017.

Penyakit degeneratif ini termasuk diabetes, stroke, penyakit jantung koroner, dan batu empedu. Manifestasi klinis dari sel-sel degeneratif tersebut dapat menyebabkan penyakit yang mempengaruhi semua organ tubuh.


Ari juga menjelaskan, bahwa penyakit degeneratif dapat muncul lebih cepat atau diderita oleh orang di bawah usia 40 tahun karena gaya hidup yang tidak sehat. "Merokok, minum alkohol, tidak makan buah-buahan dan sayuran, juga tidak berolahraga," ujar Ari.

Oleh karena itu, lanjut Ari, untuk mencegah penyakit degeneratif, kita membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi, serta berolahraga secara teratur. "Makan sayuran dan buah-buahan, cokelat, berhenti merokok, tidak minum alkohol, dan olahraga secara teratur," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB Perhimpunan Gastrointestinal Indonesia (PEGI) ini.

Artikel terkait:

Bagikan: