Hindari Makanan Ini Ketika Flu Jika Ingin Cepat Sembuh

Penyakit flu bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan. Meskipun penyebaran virusnya dapat dicegah, namun infeksi penyakit ini mudah menular melalui udara, ketika batuk maupun bersin. Flu sebenarnya dapat disembuhkan hanya dengan istirahat dan makan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Tapi hati-hati, karena ada beberapa jenis makanan yang justru akan membuat penyakit flu lebih sulit disembuhkan. Sebagaimana dilansir laman Boldsky, Minggu (05/03/2017), berikut jenis makanan dan minuman yang harus dihindari pendertita flu jika ingin lekas sembuh.


Susu
Mengkonsumsi susu dapat meningkatkan produksi lendir di paru-paru. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari minum susu saat terserang flu. Hal ini juga dapat menyebabkan hidung tersumbat, sehingga sulit untuk bernapas.

Daging merah
Selama flu, sistem pencernaan tubuh tidak bisa bekerja secara normal. Daging merah tidak mudah dicerna. Dengan mengkonsumsi daging merah, tubuh untuk bekerja lebih keras dalam proses pencernaan makanan.

Makanan pedas
Makanan pedas berada di bagian atas daftar makanan yang harus dihindari ketika menderita demam. Sebaiknya, makanlah makanan yang lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Makanan berlemak
Sistem pencernaan akan bekerja lebih baik jika tubuh dapat menghindari makanan berlemak. Makanan berlemak akan menghabiskan lebih banyak energi yang digunakan tubuh untuk melawan virus.

Keju
Keju merupakan salah satu produk yang berbahan dasar susu. Mengkonsumsi keju ketika flu merupakan pilihan yang salah. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan di dada akibat produksi lendir yang berlebih.


Teh atau kopi
Berada di tempat tidur dan istirahat ketika flu dapat mempercepat proses penyembuhan. Namun, Anda harus menghindari minum teh atau kopi karena memiliki sifat diuretic. Hal ini tersebut akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Artikel terkait:

Bagikan: