Penyakit Ginjal Kronis, Penyakit Berbahaya Kedua di Indonesia Setelah Jantung

Penyakit ginjal kronis telah menjadi masalah serius bagi bangsa Indonesia saat ini. Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, jumlah orang yang menderita gagal ginjal kronis di Indonesia menduduki peringkat kedua setelah penyakit jantung. Bahkan, tingkat pertumbuhan penyakit ginjal kronis hampir 100 persen pada periode tahun 2014-2015.

Orang-orang yang menderita penyakit ginjal kronis ini kebanyakan dari kelompok usia produktif. Pada tahu 2014, 7th Report of Indonesian Renal Registry melaporkan bahwa 56 persen orang yang menderita penyakit ginjal adalah usia produktif, yaitu di bawah 55 tahun.


Pada saat yang sama, biaya perawatan yang harus ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) untuk pasien yang menderita penyakit ginjal juga sangat tinggi. Pada tahun 2015, BPJS harus membayar Rp2,68 triliun untuk mengobati pasien yang menderita gagal ginjal kronis.

Berdasarkan berbagai data yang mengacu pada keseriusan masalah penyakit ginjal tersebut, Dr. Ratna Sitompul, Dekan Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia menyerukan untuk lebih menerapkan gaya hidup sehat.

Penyakit ginjal kronis, kata Ratna, adalah penyakit yang timbul ketika fungsi ginjal menurun secara perlahan dalam waktu lebih dari tiga bulan. Penurunan itu diakibatkan oleh kerusakan ginjal akibat abnomarlitas struktural atau fungsional.

"Kelainan itu menyebabkan ginjal tidak bekerja, padahal ginjal memiliki peran penting dalam sistem metabolisme tubuh manusia, seperti membuang racun dan menjaga keseimbangan komposisi cairan dalam tubuh," kata Ratna di Jakarta, Kamis ( 2/3).

Ada banyak penyebab penyakit ginjal. Hal utama adalah tekanan darah tinggi dan diabetes. Kedua penyebab tersebut sangat terkait dengan pola makan dan gaya hidup.

Adapun gejala penyakit ginjal kronis yang dapat dirasakan penderita, seperti kelelahan, sesak napas, mual, gangguan tidur, kram otot, pembengkakan kaki dan pergelangan kaki, serta nafsu makan yang menurun.


Untuk menghindari penyakit ini, kata Ratna, harus menjalani hidup sehat dengan gizi seimbang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi makanan dan minuman manis, dan senantiasa mencukupi kebutuhan air dalam tubuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

"Aktivitas fisik yang cukup, seperti olahraga juga harus lakukan untuk mencegah penyakit ginjal kronis," kata Ratna.

Artikel terkait:

Bagikan: