6 Tes Kesehatan Ini Penting untuk Wanita Usia di Atas 30 Tahun

Menjadi seorang wanita memang tidak mudah. Selain bekerja, mereka juga tidak bisa melupakan tugas utamanya sebagai ibu dan istri. Okeh karena itu, tak heran jika kelelahan menjadi salah satu alasan mengapa wanita lebih rentan terhadap penyakit dibandingkan laki-laki.

Seiring dengan bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh juga ikut menurun. Memasuki usia 30 tahunan, tes kesehatan bagi wanita sangat dianjurkan sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan penyakit. Setidaknya ada enam tes kesehatan yang harus dilakukan wanita di usia 30 tahunan, seperti dilansir laman Healty Women, Senin (06/03/2017).


Tekanan darah dan jantung
Memasuki usia 30 tahun, wanita disarankan secara teratur untuk memeriksa tekanan darah. Jika tekanan darah tinggi, perlu dilanjutkan dengan tes ekokardiogram untuk memastikan kondisi jantung. Oleh karena itu, wanita dengan tekanan darah tinggi memiliki risiko penyakit jantung yang lebih besar.

Fungsi tiroid
Salah satu masalah kesehatan paling umum yang dihadapi wanita adalah kelenjar tiroid. Masalah ini dapat meningkatkan risiko terkena hipertiroid lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Gejala umum penyakit ini adalah nyeri pada kaki, tangan dan sendi juga pembengkakan di kaki.

Diabetes
Diabetes saat ini semakin umum menyerang usia muda. Tak hanya wanita, tes diabetes harus rutin dilakukan secara teratur, terutama jika memiliki faktor risiko seperti kenaikan berat badan, dan adanya keluarga yang memiliki riwayat diabetes. Penting untuk wanita melakukan tes diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang memiliki diabetes gestasional selama kehamilan berpotensi memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme.

Mamografi
Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang mengerikan bagi wanita. Oleh karena itu, mereka dianjurkan melakukan tes mamografi setelah usia 40 tahun untuk mendeteksi ada atau tidaknya sel kanker tersebut. Hal ini sebenarnya direkomendasikan sejak dini. Tapi di usia 20 tahunan, pemeriksaan USG diklaim lebih akurat daripada mamografi.

Pap smear
Pap smear test merupakan suatu keharusan bagi wanita usia 30 tahunan untuk mencegah risiko terkena kanker serviks. Seperti diketahui, saat ini kanker serviks menjadi pembunuh kebanyakan wanita di dunia.


Kepadatan tulang
Osteoporosis menjadi salah satu penyebab rendahnya produktivitas wanita. Selain melakukan pemeriksaan kepadatan tulang secara teratur, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang bisa didapat dari susu dan matahari pagi.

Artikel terkait:

Bagikan: